Wednesday, August 9, 2017

Tips Paling Ampuh dan Cepat Menambah Nafsu Makan

Tips Paling Ampuh dan Cepat Menambah Nafsu Makan - Kalian nafsu makannya berkurang? ingin nafsu makannya bertambah agar badan gemuk dan sehat? Baiklah jika kalian ingin nafsu makannya bertambah simaklah artikel tentang tips menambah nafsu makan berikut. Kekurangan nafsu makan merupakan hal yang lumrah terjadi pada manusia. Penyebabnya macam-macam, bisa karena faktor usia, merokok, karena faktor psikis (depresi), maupun karena faktor penyakit tertentu.
Tips Ampuh Menambah Nafsu Makan
Tidak Nafsu Makan?
Jangan biarkan masalah kurang nafsu makan ini berlarut-larut. Karena jika dibiarkan, akan menyebabkan tubuh kekurangan asupan makanan dan alhasi akan mudah terserang penyakit. Lalu bagaimanakah cara untuk menambah nafsu makan? Nah, berikut ini adalah solusinya.

Tips Ampuh Menambah Nafsu Makan Dengan Cepat :

1. Olahraga. Olahraga menjadi salahsatu solusi untuk meningkatkan nafsu makan. Karena olahraga fisik seperti bersepeda, jogging, berenang dan lainnya dapat membakar kalori dalam tubuh. Nah, saat kalori dalam tubuh terbakar, hal tersebut akan menyebabkan kalian cepat lapar dan alhasil dapat menambah nafsu makan.

2. Hindari banyak minum air sebelum makan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang meminum 2-8 ons gelas air setiap sebelum makan itu akan kehilangan 5 pound tambahan dari makanan dibanding orang-orang yang tidak minum air sebelum makan.

3. Perbanyak Konsumsi Zinc. Banyak peneliti ahli kesehatan yang melakukan riset tentang manfaat zinc dan efeknya terhadap nafsu makan seseorang. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang-orang yang menderita kurang nafsu makan cenderung kekurangan Zinc. Jika ketika makan namun rasa makanan terasa tidak enak, besar kemungkinan karena kalian kekurangan zinc.
4. Mencari waktu makan yang menyenangkan. Makan dapat menjadi nafsu dan lebih menyenangkan ketika kalian berusaha untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. Contoh seperti Main Game, menempatkan beberapa musik, atau menonton acara TV favorit kalian sambil makan. Hal ini Juga berfungsi untuk menghindari stres, yang naninya akan mempengaruhi nafsu makan.

5. Konsumsi Suplemen Vitamin B. Hasil dari sebuah studi yang dilakukan di university of Chicago menunjukan bahwa anak-anak yang cukup mengkonsumsi suplemen vitamin B cenderung meningkat dalam hal asupan kalori. Selain itu, vitamin B juga dikatakan mampu membantu meningkatkan mood seseorang yang memungkinkan sangat efektif untuk orang-orang yang menderita kurang nafsu makan karena stress/depresi.

6. Makan Makanan Penggugah Selera. makanlah makanan yang menggugah selera. Hal ini dapat menambah selera makan kalian sehingga dapat memperbaiki nafsu makan yang menurun. Makanan yang terlihat sedap tentu saja akan sangat menggugah selera makan, karena itu jika ingin nafsu makan meningkat sering-seringlah konsumsi makanan yang kalian sukai.

7. Jangan Lupa Sarapan. Kalian pasti sudah tahu betul pentingnya sarapan di pagi hari. Sarapan di pagi hari dibutuhkan untuk memulai metabolisme dalam tubuh setelah kalian melalui malam yang panjang tanpa makan saat tidur. Selain itu, sarapan pagi juga bermanfaat untuk memberi energi lebih agar kalian bisa aktif sepanjang hari.

Tips lain untuk Menambah nafsu makan :
  • Minumlah susu tiga kali sehari pada pagi, siang dan malam untuk mendapatkan nutrisi dan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Makan lebih banyak roti gandum, biskuit, sereal bergizi, dan camilan sehat lainnya untuk kalori dan nutrisi tambahan sehari-hari.
  • Pertimbangkan untuk banyak mengkonsumsi makanan sehat seperti alpukat, agar-agar (puding), pisang, yoghurt, hingga selai kacang yang sehat bergizi guna untuk merawat sistem pencernaan.\
Jika nafsu makan kalian buruk dikarenakan faktor yang berhubungan dengan emosional seperti stres dan kecemasan berlebih, alangkah baiknya untuk konsultasikan permasalan tersebut kepada dokter yang ahli untuk mendapatkan penanganan dan solusi yang tepat. Karena tips untuk menambah nafsu makan diatas kemungkinan tidak akan banyak membantu jika dilakukan dalam keadaan depresi ataupun stres. Mungkin cukup sekian artikel tentang Tips Paling Ampuh dan Cepat Menambah Nafsu Makan. Jangan lupa share ke teman-teman, semoga bermanfaat.

10 comments

  1. minum temulawak
    karena temulawak sangat membantu dalam menambah nafsu makan

    ReplyDelete
  2. ini untuk menambah berat badan yang efektif

    ReplyDelete
  3. bermanfaat banget buat adek gue yg nafsu makannya kurang.. thanks

    ReplyDelete
  4. wah bener banget mas ,saya sering minum air berlebih sebelum makan ,akibat nya kurang nafsu makan :(

    ReplyDelete
  5. betul gan ini ampuh banget buat nambah nafsu makan :)

    ReplyDelete
  6. bener mas, banyak minum sebelum makan itu bikin nafsu makan berkurang!

    ReplyDelete
  7. Ane nafsu mkn sangat kurang gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan tips-tips di atas, semoga bisa membantu menambah nafsu makan agan

      Delete
  8. zinc juga berfungsi menambah nafsu makan dan obat diare

    ReplyDelete

Berkomentarlah sesuai dengan Topik yang dibahas dan Gunakan Bahasa yang Sopan.
EmoticonEmoticon