Panas dalam? Atasi dengan Obat Tradisional Berikut - ARTIKEL SEHAT BLOG

Latest

Karena, Sehat itu Menyenangkan

Selasa, 22 Agustus 2017

Panas dalam? Atasi dengan Obat Tradisional Berikut

Banyak sekali berbagai jenis obat panas dalam yang tersedia di sekitar kita, salah satunya adalah ramuan obat tradisional panas dalam. Berbicara mengenai panas dalam, kalian pasti sudah pernah merasakan panas dalam bukan? Sebenarnya panas bukanlah suatu penyakit yang selama ini kita dengar, namun faktanya sampai sekarang banyak orang yang mengatakan bahwa panas dalam itu merupakan jenis penyakit. Untuk menambah wawasan, alangkah baiknya agar kalian mengerti terlebih dahulu apa itu panas dalam. 

Apa itu Panas dalam?

Sebenarnya tidak ada yang namanya penyakit panas dalam pada dunia medis. Panas dalam merupakan sebuah gejala yang ditimbulkan oleh tubuh karena kelelahan, kekurangan vitamin c, gangguan pencernaan, kekurangan cairan (dehidrasi), gangguan tenggorokan dan masih banyak penyebab yang lain. Tanda tanda umum seseorang telah terkena panas dalam antara lain bibir pecah-pecah, sariawan, radang tenggorokan, susah tidur, bau mulut yang tidak sedap, kondisi tubuh melemah, dan demam.
Penyebab Panas Dalam

Diantara penyebab seseorang panas dalam adalah terlalu banyak makan makanan yang berlemak seperti gorengan dan sejenisnya, karena cuaca yang buruk, kekurangan asupan vitamin C, kekurangan cairan (dehidrasi) dan masih banyak lagi. Biasanya panas dalam lebih sering terjadi pada anak balita ketimbang orang dewasa, hal tersebut dikarenakan daya tahan tubuh balita yang masih lemah.
Obat Tradisional untuk Panas dalam

Memilih Obat Panas dalam

Barulah setelah kalian sudah mengetahui tentang panas dalam, kalian dapat memilih dan menemukan methode yang tepat untuk mengatasinya. Diantar cara yang bisa digunakan untuk mengatasi panas dalam adalah dengan menggunakan obat alami yang terbuat dari ramuan tradisional. Keunggulan obat tradisional adalah disamping bisa menyembuhkan panas dalam, juga tidak ada campuran bahan kimia pabrik sehingga cenderung sedikit efek samping. Karena hal tersebutlah, Banyak orang yang lebih memilih obat tradisional alami untuk mengatasi berbagai jenis penyakit termasuk panas dalam ketimbang menggunakan obat kimia buatan pabrik.

Obat-Obatan Tradisional untuk mengobati Panas Dalam

Jika kalian ingin mengobati panas dalam menggunakan obat tradisional yang berbahan alami, mungkin daftar obat tradisional di bawah ini bisa menjadi pilihan kalian untuk mengobati panas dalam :

1. Cincau

Siapa sih yang belum nyoba Es cincau? minuman segar yang paling enak dinikmati saat siang hari. Es Cincau sendiri berasal dari daun cincau yang diolah dan dijadikan minuman segar. Kandungan gel alami dari cincau yang sebagian besarnya terdiri dari air dan serat menjadikan cincau sebagai makanan yang renendah kalori sehingga cocok juga bagi kalian yang sedang berdiet. Cincau juga dapat meredakan panas dalam karena memiliki sifat pendingin. Selain itu kandungan cincau juga tidak berbahaya dan tanpa efek samping sehingga aman untuk dikonsumsi.

Untuk mengobati panas dalam, konsumsilah cincau minimal 2 kali sehari bagi kalian yang sedang panas dalam namun untuk anak balita cukup 1 kali saja. Kalian juga bisa menambahkan susu ataupun madu sebagai pelengkap supaya lebih nikmat. Selain nikmat, cincau juga memberikan rasa kenyang sehingga cocok untuk menunda lapar. Bahan alami cincau bisa kalian dapatkan dengan mudah dipasaran dengan harga yang relatif murah, atau jika tidak ingin repot kalian bisa membeli Es Cincau di pasar yang siap minum. 

2. Kacang Hijau 

Kacang Hijau merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi penting di dalamnya. Beberapa kandungan nutris pada kacang hijau adalah Vitamin A, Vitamin B1, Protein, mineral, asam aminu dan juga lemak. Kacang Hijau ternyata dapat kita gunakan untuk mengobati panas dalam, cara yang paling mudah untuk mengkonsumsinya adalah dengan merebusnya kemudian campurkan bahan-bahan  seperti jahe dan gula batu.

Tida hanya untuk panas dalam, kacang hijau kaya akan khasiat diantaranya untuk menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya seperti Tekanan darah tinggi (hipertensi), muntaber, gatal-gatal karena biang keringat, penyakit beri-beri, Memelihara ginjal, menguatkan fungsi lambung dan limfa, dan muntaber. Kacang hijau juga biasanya dikonsumsi untuk menunda lapar karena kandungan protein dan lemaknya. Konsumsilah kacang hijau secara teratur selama kalian terkena gejala panas dalam.

3. Air Kelapa Muda

Yang satu ini dijamin dapat meredakan dan mengobati panas dalam karena selain rasanya yang segar, air kelapa muda juga mengandung banyak nutrisi (Glukosa, Fruktosa, sukrosa, kalsium, vitamin C, asam folat, magnesium, dll) yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dan juga dapat meredakan panas dalam. Selain itu, air kelapa muda juga termasuk air isotonik, artinya air isotonik pada kelapa tersebut akan berperan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang selama kita beraktifitas, atau pada saat panas dalam.

Rasa yang enak dan menyegarkan, menjadikan air kelapa muda minum menjadi favorit semua orang. Air kelapa muda ini dapat dikonsumsi untuk mengobati panas dalam dan tentunya tanpa efek samping. Minumlah air kelapa secara teratur supaya panas dalam bisa terobati.

4. Perasan Air Lemon 

Lemon memiliki banyak sekali khaisat yang bagus untuk kesehatan. Sebelumnya pada pembahasan tentang kecantikan, artikel kesehatan blog pernah menjelaskan bahwa air lemon dapat menghilankan bekas jerawat bukan? Selain untuk kecantikan, lemon juga bisa kita gunakan untuk mengobati gejala panas dalam lho.

Dengan mengkonsumsi air lemon perasan dapat meminimalisir gejala panas dalam. Kalian bisa menggunakan lemon untuk obat panas dalam dengan memeras air lemon, dan campurkan dengan satu sendok madu lalu campur dengan air hangat. Perasan air lemon ini sangat efektif sekali untuk mengusir panas dalam dan juga tanpa efek samping.

5. Daun Alang-Alang

Siapa sangka? daun yang sering tumbuh liar di lahan-lahan kosong ataupun di persawahan ini bisa menyembuhkan penyakit panas dalam. Daun alang-alang memanglah sudah dari dulu digunakan dan dipercaya dapat menyembuhkan panas dalam. Obat tradisional yang satu ternyata memiliki beberapa manfaat, yang salah satunya yaitu untuk mengobati panas dalam. Cara untuk mengkonsumsi obat tradisional ini adalah dengan merebus beberapa daun alang-alang lalu disaring dan campurkan air rebusan alang-alang tadi dengan gula batu secukupnya supaya rasanya tidak terlalu pahit. Minumlah 2 kali sehari atau lebih secara teratur sampai panas dalam benar-benar hilang.

6. Daun Sirih

Daun sirih juga salah satu alternatif lain yang bisa kita gunakan untuk mengobati panas dalam. Daun sirih sudah dari dulu digunakan oleh orang-orang untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk panas dalam. Kalian bisa meminum air rebusan daun sirih secara teratur untuk membantu mengobati panas dalam.

7. Air Garam

Cara yang paling dan praktis mudah untuk mengobati panas dalam yaitu dengan air garam. Air garam juga dapat meringankan sariawan, sakit tenggorokan, dan gejala lainnya yang disebabka oleh panas dalam. Caranya dengan berkumur dengan menggunakan air garam selama beberapa menit.

8. Kencur

Selain untuk obat batuk, bahan alami yang satu ini juga dapat kalian gunakan untuk mengobati panas dalam. Berikut cara untuk membuat obat panas dalam dari kencur, pertama ambillah kencur secukupnya kemudian ditumbuk atau diparut sampai halus lalu campurkan dengan air hangat. Kalian juga bisa menambahkan campuran madu untuk mengurangi rasa pahit dari kencur tersebut. Minmulah ramuan kencur ini minimal 2 kali sehari sampai gejala panas dalam benar-benar menghilang.

Demikianlah beberapa ramuan tradisional yang bisa kalian gunakan untuk mengobati panas dalam. Menggunakan obat tradisional memanglah sangat bermanfaat karena, selain menyehatkan juga sedikit efek samping sehingga aman bagi tubuh. Selamat mencoba obat tradisional panas dalam, kalian bisa bertanya di kolom komentar yang tersedia barangkali pada penjelasan di atas ada yang kurang jelas.

3 komentar:

  1. sering ini, kalau obatnya mudah kan enak hehe

    BalasHapus
  2. nice gan infonya ,, make obat tradisional lebih manjur

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai dengan Topik yang dibahas dan Gunakan Bahasa yang Sopan.