8 Buah yang Paling Banyak Mengandung Antioksidan! - ARTIKEL SEHAT BLOG

Latest

Karena, Sehat itu Menyenangkan

Rabu, 16 Agustus 2017

8 Buah yang Paling Banyak Mengandung Antioksidan!

8 Buah yang Paling Banyak Mengandung Antioksidan! -  Sebelum disebutkan buahnya satu persatu, apakah sobat sudah tahu apa itu Antioksidan? Antioksidan merupakan sebuah sebutan untuk zat yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.Secara alami, zat ini mempunyai peran yang sangat penting pada manusia untuk mencegah terjadinya penyakit Antioksidan melakukan itu semua dengan cara memperlambat kerusakan sel yang terjadi akibat proses oksidasi bebas. Berikut yang termasuk ke dalam golongan zat ini antara lain vitamin, polipenol, Beta Karoten, Mineral, dsb.

8 buah yang paling banyak mengandung antioksidan
Buah Antioksidan
Radikal bebas sendiri adalah molekul kimia yang struktur alaminya berubah akibat pengaruh lingkungan. Contoh aktifitas lingkungan yang dapat menimbulkan radikal bebas adalah Polusi Pabrik dan Asap Kendaraan, Asap Rokok, dan lain-lain. Jika radikal bebas ini sampai beredar di dalam tubuh manusia, maka akan mengakibatkan banyak sel rusak dan nantinya akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti : penuaan dini, katarak, kanker, penyakit jantung, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, kita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, karena sifat antioksidan sendiri yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Oke, langsung bahas inti dari pembahasan artikel yaitu 8 Buah yang Mengandung Antioksidan Paling Banyak :

 1. Buah Blackberry

Blackberry adalah buah yang beken menjadi brand sebuah ponsel ini juga salah satu buah yang kaya akan aktioksidan. Bentuknya sangan mirip dengan murbey. Namun, yang ini berbeda karena buah dalam tangkai yang saling bergerombol. Zat antiokasidan yang terkandung dalam buah ini adalah senyawa fenol yang mirip dengan kandungan buah anggur, serta antosianin. Antosianin sendiri merupakan sebuah zat antioksidan yang mampu menghambat perkembangan sel kanker, inflamasi, mencegah penuaan dini serta bagus untuk kesehatan kulit.

2.  Buah Blueberry 

Blueberry adalah buah yang berasal dari Amerika Utara yang biasa Tumbuh pada musim panas. Siapa sangka, Buah yang tumbuh liar seperti semak ini memiliki banyak sekali khasiat yang terkandung di dalamnya. Pada buah Bluberry terdapat berbagai zat gizi, contohnya beberapa mineral (kalsium, fosfor, Zat Besi, kalium, dan Zinc), Vit B1, B2, B3, dan B6, Vit E, Vit K. Vit C, karbohidrat, antosianin dan lemak.

Di indoneisa sendiri, tumbuhan buah Blueberry masih jarang ditemui, Namun, jika kalian ingin mencoba mengonsumsi blueberry ini, di Indonesia tersedia blueberry kalengan yang siap dimakan. Selain buahnya, akar dan daun blueberry ternyata juga mempunyai khasiat yang sama.
3. Buah Strawberry 

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Buah berwarna merah merona, bentuknya khas, aromanya segar dan biasa tumbuh di pegunungan sejuk. Buah strawberry juga terdapat zat antioksidan yang menjadikannya berwarna merah menggoda. Strawberry mengandung Vit K, mangan, asam folat, potasium, riboflavin, Vit B5, B6, magnesium dan omega 3. Strawberry bisa kalian dapatkan di pasar terdekat atau mall, biasanya dibungkus plastik.

4. Buah Anggur Merah 

Yang dimaksud disini, bukanlah minuman anggur merah yang memabukkan, tetapi benar-benar buah anggur yang kondisinya segar dan siap dikonsumsi. Menurut penelitian anggur merah  ini akan membuat awet muda jika dikonsumsi rutin setiap hari. Ini dikarenakan banyaknya kadar antioksidan  dan kandungan kalium yang mampu menghambat penuaan dini. Nutrisi yang ada pada anggur antara lain : asam tartarat, asam maleat, pectin, tanin, flavone glycosides, flavonoid, resveratrol, mineral, gula, vitamin A, B1, B2, B6, B12 dan C. 

Jika warna anggur merah ini semakin gelap, maka semakin banyak kandungan flavanoidnya. Flavonoid ini adalah antioksidan yang dapat melindungi kerusakan pembuluh darah dan mencegah penggumpalan trombosit. Resveratrol sendiri adalah antioksidan yang berperan mengurangi pembentukan gumpalan di dalam pembuluh darah arteri. Buah anggur juga berkhasiat menjadi pencahar ringan sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan, penawar racun, peluruh kencing, menghentikan pendarahan, melancarkan aliran darah, sembelit dan memperkuat tubuh melawan penyakit, seperti fungsi hati yang buruk.

5. Buah Manggis

Buah yang menjadi primadona daerah tropis ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Sumber apa sajakah yang terkandung dalam buah manggis? Beberapa sumber yang tekandung dalam buah manggis yaitu Antioksidan, antijamur, dan antibakteri. Saking banyaknya manfaat yang terkandung dalam Buah Manggis Sehingga saat ini banyak sekali bermunculan obat-obat ataupun minuman dengan kandungan Antioksidan yang tinggi yang terbuat dari buah manggis.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan manfaat Antioksidan dari buah manggis, bisa dengan cara mengkonsumsi langsung secara segar atau bisa juga dijadikan jus atau minuman olahan bahan-bahan yang terbuat dari manggis. Berikut beberapa fungsi antioksidan pada buah manggis :

Anti Kanker, Didalam kulit manggis terdapat zat xanthones. Zat ini merupakan zat anti kanker, anti inflamasi dan anti bakteri. Berdasarkan hasil penelitian, Xanthones dapat menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar.

Kesehatan Kulit, Banyak sekali obat kulit yang berasal dari buah manggis karena Antioksidan yang tinggi dalam manggis membantu mengurangi resiko penyakit kulit seperti radang kulit, penuaan kulit, alergi maupun infeksi.

Sistem Kekebalan, Dengan kandungan nutrisi tinggi yang meliputi mineral, vitamin, dan xanthon, akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

Diare dan Disentri, Buah manggis dan kulitnya juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan seperti diare dan disentri. Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, kulitnya-pun mempunyai kandungan yang bagus bagi kesehatan tubuh. Saking banyaknya khasiat yang terdapat pada buah manggis sehingga dikenal dengan julukan " Ratunya Buah-Buahan"

6. Buah Jeruk

Buah yang berbentuk bulat, warnanya kuning ke oranyean, dan rasanya asam manis ini ternyata mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Jeruk sangat cocok jika diolah menjadi jus atau juga bisa langsung dimakan dalam kondisi segar. Tingginya Kandungan Vit C pada jeruk berfungsi sebagai pencegah pengeroposan tulang, mencegah penyakit batu ginjal, mencegah asma, membantu menurunkan kolesterol, mencegah dan menyembuhkan anemia dan lain sebagainya.

7. Buah Kurma 

Kurma? iya kurma buah yang selalu hadir disaat momen puasa ini ternyata terdapa kandungan antioksidannya lho. Buah yang berbentuk bulat lonjong, berwarna coklat kehitaman, rasanya manis,  menyimpan banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Buah kurma mengandung kalium (potassium), serat, kalsium, zat besi (Fe), Vit A, B2, B12, dan Vit C, fosfor, sulfur, Sodium , magnesium, cobalt, Zinc , fluor , tembaga (Cu), mangan, selulosa, dan karbohidrat (berupa fruktosa dan glukosa).

Kandungan vitamin C buah kurma berperan sebagai antioksidan. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik. Kurma juga buah yang kaya akan sumber vitamin A sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru, rongga mulut dan juga menjaga kesehatan kulit.

8. Buah Alpukat

Buah Alpukat merupakan salah satu buah yang populer di indonesia. Selain rasa yang enak, buah alpukat ternyata terdapat sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Pada buah alpukat terdapat kandungan Glutathione yang mempunyai peran ganda, yaitu sebagai antioksidan dan antikanker. Tidak hanya glutathione, alpukat juga kaya akan sumber vitamin dan berbagai mineral.

Tidak hanya  buah atau dagingnya, biji alpukat juga bisa dikonsumsi sebagai sumber antiokasidan untuk tubuh. Bahkan penelitian menyatakan kandungan antioksidan yang ada pada biji alpukat lebih banyak dibanding dengan dagingnya.

Itulah 8 Buah yang Paling Banyak Mengandung Antioksidan. tunggu apa lagi? segeralah beli yang banyak dan konsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan setiap hari agar tubuh trjaga dari serangan radikal bebas dan berbagai macam penyakit.

6 komentar:

  1. nice info gan...wajib dicoba..hehe

    BalasHapus
  2. iya bner itu, banyak tim medis yg bilang spt itu

    BalasHapus
  3. delapan buah diatas sangat banyak mengandung antioksidan

    BalasHapus
  4. gak salah buah yang ane sering konsumsi dan favorit ane kurma ternyata mengandung antioksidan, makasih infonya gan

    BalasHapus
  5. Ternyata jeruk juga mengandung banyak antioksidan toh

    BalasHapus
  6. wah a;pukat buah kesukaan saya termasuk mengandung anti oksidan yang tingi ya, baru tau gan than infonya .

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai dengan Topik yang dibahas dan Gunakan Bahasa yang Sopan.